Cagar Alam Pananjung, Pangandaran

Rabu, 13 Oktober 2010

wisata indonesia
Untuk melengkapi wisata Pangandaran adalah kunjungan ke TWA (Taman Wisata Alam) Pangandaran atau orang-orang menyebut Cagar Alam Pananjung. Obyek wisata ini merupakan satu-satunya obyek wisata alam di Pangandaran. Mencapai cagar alam Pananjung bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau sewa sepeda dari pantai barat atau pantai timur Pangandaran. Atau bisa juga naik perahu dari Pantai Pangandaran. TWA Pangandaran seluas 37 hektar ini merupakan bagian dari TWA secara keseluruhan yang mempunyai luas sekitar 1000 hektar.
 
Pintu masuk dari pantai timur
Tiket masuk
Memasuki TWA Pangandaran
Disambut oleh monyet-monyet
Selamat datang di TWA Pangandaran
Gerbang masuk dengan lambang bunga Padma Arnoldi
Menuju Goa Jepang
Di depan Goa Jepang
Ada flying fox nya
Ayo mau kemana

Berbagai flora dan fauna dapat kita temukan disini, Beberapa faunanya adalah: lutung, monyet, rusa, banteng, landak, biawak, ular dan lain-lain. Beberapa floranya adalah : laban, kisegel, meron, butun, ketapang dan lain-lain.

Selain flora dan fauna ada situs zaman Hindu yang masih ada sampai sekarang, yaitu Batu kalde atau Sapi Gumarang. Di tempat ini konon katanya tinggal seorang sakti mandraguna yang bisa berubah menjadi sapi.

Selain Gua Lanang dengan legendanya juga bisa menjadi alternatif kunjungan ke TWA Pangandaran. Menurut cerita dulunya berdiam di gua ini adalah Mbah Jaga Lautan atau disebut Kiai Pancing Benar. Beliau merupakan anak angkat dari Dewi Roro Kidul dan ditugaskan untuk menjaga lautan di daerah jabar. Maka dari itu dinamakan Mbah Jaga Lautan.

Gua-gua lain yang terdapat disini adalah : Gua Lanang, Gua Parat, Gua Sumur Mudal dan gua-gua peninggalan Jepang. Selain itu kita juga bisa menikmati pantai pasir putih yang berada di salah satu kawasan TWA Pangandaran, karena memang pasir pantainya putih.

Batu Kalde
Menyusuri TWA pangandaran
Jalanan TWA Pangandaran yang sudah di kon blok
Ada rusa
Di Gua Lanang
Himbauan buat para pengunjung
Pantai pasir putih
Pantai pasir putih
Wow..asyiknya..
Peralatan snorkling
Mau snorkling
Mau pasang tato..
Kereeen tatonya..

Di Pantai Pasir Putih kita bisa snorkling yang alatnya bisa langsung kita sewa di sekitar tempat tersebut. Yang mau tato mainan, bisa langsung memilih gambar yang disediakan oleh tukang tato, dan dalam jangka sepuluh menit jadilah sebuah tato yang menarik.

Jangan sampai terlewat mampir ke Cagar Alam Pananjung ketika anda berkunjung ke Pantai Pangandaran. Anda akan bertambah puas dan semakin ingin kembali ke Pangandaran !.

By : AMGD

 

Catatan tambahan tentang sejarah TWA Pangandaran :

Kawasan Konservasi Sumber Daya Alam Pangandaran semula merupakan tempat perladangan penduduk. Tahun 1922, ketika Y. Eycken menjabat Residen Priangan, diusulkan menjadi Taman Buru. Pada waktu itu dilepaskan seekor Banteng, 3 ekor Sapi Betina dan beberapa ekor rusa. Karena memiliki keanekaragam satwa yang unik dan khas serta perlu dijaga habitat dan kelangsungan hidupnya maka pada tahun 1934, status kawasan tersebut diubah menjadi Suaka Margasatwa dengan luas 530 ha.
Tahun 1961, setelah ditemukan bunga Raflesia Fatma yang langka, statusnya diubah lagi menjadi Cagar Alam. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan tempat rekreasi, maka pada tahun 1978, sebagian kawasan tersebut (37,70 ha) dijadikan Taman Wisata. Pada tahun 1990 dikukuhkan kawasan perairan di sekitarnya sebagai Cagar Alam Laut (470 ha), sehingga luas seluruhnya menjadi 1.000 ha.



Kirim komentar

Nama :

Email :

Isi Komentar :

Masukan Angka Berikut ini : 372


×
 

Trip Mlancong




Provinsi